Tags

“Masyarakat umum khususnya ibu-ibu rumah tangga perlu tahu penanganan dan pertolongan pertama yang cepat dan tepat dalam keadaan darurat di rumah tangga sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar dr. Jose Rizal Zurnalis, SpBO dari Sakit Umum Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Ternyata bentuk kecelakaan dalam rumah tangga bisa bermacam-macam. Dari yang paling ringan, seperti tersengat listrik bertegangan rendah, jatuh dari tangga, luka bakar karena tersiram air panas, keracunan bahan kimia dalam rumah tangga, tersedak makanan sampai memberikan pertolongan pertama pada seseorang yang terkena serangan jantung atau asma.

Sulitkah memberikan pertolongan pertama ini?

“Memberikan pertolongan pertama pada penderita, terutama pada anak-anak tidak sesulit yang Anda bayangkan. Kuncinya hanya satu, jangan panik dan cobalah untuk menguasai situasi,” ujar dr. Nina Irawati, SpTHT dari Sakit Umum Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. “Perlu untuk diingat bahwa sekecil atau seringan apapun kejadian kecelakaan dalam rumah tangga, jangan pernah dianggap sebagai hal sepele. Semuanya harus ditangani dengan serius dan hati-hati,” ujar dr. Nina menambahkan.

Ingin tahu lebih detil penjelasan mengenai dasar-dasar pertolongan pertama? Nah, berikut ini dr. Jose Rizal Zurnalis, SpBO memberikan panduannya:

Untuk penderita luka bakar
Letakkan daerah luka bakar di bawah keran yang mengalir air dingin secara perlahan. Kemudian tutupilah luka bakar dengan kain yang steril dan tidak gampang melekat. Jangan oleskan segala bentuk minyak atau krim. Jika luka bakar itu parah, segera bawa penderita ke rumah sakit terdekat.

Untuk penderita sengatan aliran listrik
Pertama-tama pastikan Anda mematikan saluran listrik, jika hal itu tidak memungkinkan maka selamatkan penderita dari bagian listrik yang terpegang dengan cara memisahkannya dengan menggunakan batang kayu atau sapu. Jangan sekali-kali menyentuh penderita dengan tangan kosong. Pada saat anda sedang
memberikan bantuan, hindarkan sentuhan dengan air atau segala bahan dari besi. Bawalah penderita ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan terhadap luka yang dideritanya.

Untuk penderita keracunan atau mengkonsumsi obat-obatan di luar batas takaran
Carilah segera racun atau obat-obatan yang dikonsumsi oleh penderita berikut kemasan yang ada. Segera hubungi rumah sakit terdekat dan jangan berusaha membantu penderita untuk memuntahkan isi perut dan jangan memberikan segala bentuk Sebab rumah sakit akan memberikan bantuan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk penderita serangan jantung
Penderita serangan jantung biasanya mengalami sakit yang luar biasa pada bagian dada dan biasanya lebih dari 10 menit. Apabila memungkinkan, pastikan penderita di istirahatkan dalam posisi duduk.
Telponlah segera ambulans gawat darurat 118, namun jika hal ini tidak mungkin dilakukan dengan cepat, bawalah penderita ke rumah sakit terdekat.

Untuk menghadapi penderita serangan asma
Bantulah pasien untuk mendapatkan posisi yang melegakan, usahakan pasien untuk duduk tegak. Kemudian bantulah mereka untuk memakai obat penyemprot atau untuk meminum obat. Jika penderita kemudian pingsan, segera hubungi ambulan.

Untuk menghadapi penderita tersedak makanan
Berdirilah di belakang orang yang tersedak, lingkarkan kedua tangan Anda ke pinggangnya. Bungkukkan orang itu sedikit ke depan. Kemudian kepalkan salah satu tangan Anda dan taruh di bagian atas pusar korban.  Selanjutnya pegang erat-erat kepalan Anda itu dengan tangan lain dan tekan kuat sambil mendorong cepat ke atas. Ulangi tindakan ini sampai benda yang menghambat itu keluar dari saluran udara korban.

Segala macam bentuk situasi kedaruratan dalam rumah tangga sudah pasti memerlukan pertolongan tenaga medis. Namun dengan menguasai dasar-dasar pertolongan pertama diharapkan kita bisa membantu orang lain memperkecil faktor resiko yang lebih parah.

sumber: internet