Tags

, ,

Tapi masalahnya, bagaimana jika sesungguhnya Anda juga enggan meninggalkan pekerjaan saat ini? Hubungan dengan rekan-rekan kerja yang terjalin cukup akrab, hubungan dengan bos yang cukup baik dan lingkungan kerja yang familiar adalah hal yang membuat Anda enggan meninggalkan pekerjaan Anda saat ini ke tempat yang baru. Kalau sudah begini, bingung juga kan?

Memang, menentukan pilihan atau mengambil keputusan, terutama menyangkut perubahan besar seperti perubahan pekerjaan membutuhkan pertimbangan yang matang agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Nah sebelum Anda memutuskan pindah atau tidak, simak tips berikut ini:

Tentukan tujuan
Sebelum memutuskan, tanyakan pada diri sendiri apa yang Anda inginkan. Apakah jabatan yang lebih tinggi, gaji yang lebih besar atau keduanya. Kemudian pikirkan kemungkinannya, apakah Anda dapat meraih keduanya di perusahaan sekarang ataukah harus pindah ke tempat baru. Jika kedua hal tersebut bisa Anda raih di kantor Anda saat ini mungkin Anda bisa bertahan di tempat lama. Tetapi jika hal tersebut hanya bisa Anda dapatkan di tempat baru dan Anda menginginkan suasana baru, Anda boleh memutuskan untuk pindah.

Kumpulkan data
Sebelum benar-benar memutuskan, lengkapilah diri Anda dengan informasi yang maksimal tentang alternatif yang ada. Jika Anda ingin pindah ke perusahaan baru, Anda harus mengetahui informasi selengkapnya mengenai perusahaan baru tersebut. Anda dapat mengetahui informasi tersebut diantaranya dengan membaca company profile perusahaan, bertanya pada para karyawannya, atau menanyakan langsung pada bagian HRD saat interview. Informasi yang Anda peroleh ini dapat Anda jadikan bahan penilaian apakah perusahaan baru tersebut sesuai dengan tujuan karir atau nilai-nilai yang Anda yakini.

Minta pendapat
Memang, keputusan sepenuhnya berada di tangan Anda. Tetapi nggak ada salahnya jika Anda meminta saran dan pendapat dari rekan dekat, orangtua atau mungkin konsultan karir. Mungkin saja masukan dari mereka bisa membuat Anda semakin mantap dalam membuat sebuah keputusan.

Pengamatan terhadap perusahaan sekarang
Di samping melakukan penilaian terhadap perusahaan baru, Anda juga harus melakukan pengamatan terhadap perusahaan Anda saat ini. Pertimbangkan prospek kemajuan dan hal-hal yang membuat Anda merasa nyaman di tempat kerja Anda sekarang. Sehingga Anda akan mendapatkan perbandingan yang objektif.

Buat perbandingan
Setelah mengumpulkan informasi tentang perusahaan baru maupun perusahaan saat ini, Anda dapat membuat suatu perbandingan yang akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan. Untuk perbandingan ini, Anda dapat membuat tabel sederhana berisi kriteria yang Anda anggap penting dalam mengambil keputusan. Kriteria tersebut misalnya: gaji, jabatan, fasilitas, suasana kerja, jarak dari rumah ke kantor, dll. Bandingkan nilai kriteria ini antara perusahaan sekarang dan perusahaan baru. Dari nilai kriteria yang Anda peroleh Anda dapat memutuskan untuk tetap bertahan atau pindah.

Jika Anda telah mantap dengan satu keputusan, maka lakukanlah keputusan tersebut. Ingat, keputusan yang tepat adalah keputusan yang didasari oleh pertimbangan yang matang. Sehingga Anda tidak akan pernah menyesal dengan keputusan yang telah Anda ambil. Selamat membuat keputusan….!