Tags

, , , ,

Banyak perusahaan kecil kesulitan memasarkan hasil usaha mereka. Scottish Entrerprise, sebuah lembaga konsultan manajemen, melalui situsnya http://www.scottish-enterprise.com menyampaikan beberapa tips singkat yang bisa digunakan untuk memasarkan produk usaha kecil.
1. Lihatlah apa yang Anda kerjakan.
Meskipun Anda sudah melakukan banyak hal untuk pemasaran produk, tapi Anda harus memperhatikan permintaan pasar, lokasinya, waktu, dan hal lain yang berkaitan dengan keinginan konsumen.

2. Fokus pada kebutuhan konsumen.
Rencanakan promosi yang matang, servis yang memuaskan, harga yang terjangkau, dan kemasan yang menarik. Kepuasan pelanggan menjadi kunci keberhasilan.

3. Buatlah tim pemasaran yang efektif.
Pada perusahaan yang memfokuskan kepuasan pelangggan, peran pemasaran menjadi tugas semua bagian. Yakni manajer, tenaga penjualan, staf pemasaran, dan humas. Semuanya harus memiliki kemampuan komunikasi yang memadai dan koordinasi yang baik agar mampu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen.

4. Bagilah konsumen Anda ke dalam beberapa grup.
Ini berguna untuk memudahkan Anda melayani mereka. Pasalnya, tiap konsumen memiliki kebiasaan atau kebutuhan yang berbeda. Yaitu, tingkat konsumsi tinggi, sedang, atau rendah.

5. Lakukan identifikasi apa yang dibutuhkan konsumen.
Ini akan membantu menentukan target konsumen yang ada atau konsumen baru secara spesifik dengan produk yang sesuai permintaan mereka.

6. Perhatikan mutu produk, harga yang sesuai, dan tempat di mana konsumen bisa memperoleh barang atau jasa yang ditawarkan.
Promosi yang intensif dan terarah dengan baik juga menjadi kunci sukses sebuah pemasaran.

7. Cara berkomunikasi.
Pesan yang disampaikan hendaknya menjelaskan manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan. Cara berkomunikasi bisa melalui selebaran, media elektronik, e-mail, website, atau petugas di pameran.

8. Buatlah rencana pemasaran efektif yang bisa digunakan antara enam bulan hingga lima tahun ke depan.
Anda juga harus membuat dokumen pemasaran yang perlu diketahui bawahan dan rekan usaha.

9. Jalankan sesuai rencana.
Rencana pemasaran mencerminkan kegiatan pemasaran. Siapa yang bertanggung jawab dan apa saja yang dilakukan tergambar jelas pada rencana itu. Sebagai manajer Anda harus bisa memotivasi para bawahan dan pastikan apa yang sudah direncanakan akan terwujud.

10. Terukur dan terkontrol.
Rencana pemasaran yang telah dijalankan bisa dikontrol. Seperti efektivitas dari beriklan, dan apakah promosi lewat PR berdampak positif atau negatif terhadap penjualan. Ini bisa menjadi masukan untuk membuat rencana pemasaran berikutnya.

source: internet