Tags

, ,

Tahun baru gaji naik! Ehm…siapa yang nggak pengin? Memang, umumnya perusahaan memiliki kebijakan menaikkan gaji karyawannya secara berkala yaitu setiap tahun. Kenaikan gaji berkala ini diantaranya didasarkan pada prestasi, tanggung jawab, dan kredibilitas karyawan.

Namun sering kali terjadi kenaikan gaji yang Anda terima tidak sesuai harapan, alias masih jauh dari bayangan. Apalagi jika Anda merasa pekerjaan dan tanggung jawab Anda semakin bertambah. Rasanya kenaikan yang Anda anggap kecil itu tidak menutupi beban kerja Anda. Tapi apa boleh buat, sebagai karyawan biasa Anda memang tidak memiliki kewenangan dalam soal kenaikan gaji. Toh seberapapun kecilnya kenaikan itu tetap harus disyukuri bukan?

Namun jika Anda tidak puas dengan kenyataan itu, Anda bisa membicarakannya dengan atasan Anda langsung, karena dialah yang merekomendasikan kenaikan gaji dan mereview hasil kerja Anda selama ini. Namun jika cara ini sudah tidak mungkin lagi dan Anda masih tidak puas juga, Anda harus memikirkan cara lain. Tahukah Anda? Cara yang paling cepat untuk kenaikan penghasilan adalah ‘pindah kerja’.

Jika Anda peka dan jeli menangkap peluang di luar mengenai posisi yang tengah dibutuhkan, Anda bisa saja mendapatkan penghasilan yang lebih besar daripada penghasilan Anda di perusahaan sekarang. Jangan sampai Anda ‘kecele’, pindah kerja namun penghasilan yang Anda dapatkan sama saja atau bahkan lebih rendah dari yang pernah Anda terima. Cara di bawah ini akan membantu Anda pindah kerja dengan penghasilan yang lebih menjanjikan:

– Buka mata dan telinga Anda lebar-lebar terhadap informasi peluang kerja di luar. Yakinlah bahwa perusahaan yang akan Anda lamar akan memberikan gaji yang relatif lebih besar daripada tempat kerja Anda saat ini.

– Lakukan riset terhadap beberapa perusahaan yang cukup kredibel. Yang tentunya dapat menawarkan bidang pekerjaan sesuai dengan keahlian dan ketrampilan Anda. Jangan sampai Anda ketinggalan informasi mengenai peluang yang sesuai dengan keahlian Anda.

– Promosikan kemampuan dan keahlian Anda kepada perusahaan dengan reputasi yang baik. Anda harus ‘jemput bola’, jangan hanya berharap dan menunggu-nunggu sampai mereka mendekati Anda. Bersikaplah lebih aktif !

– Jangan mengundurkan diri saat prestasi kerja Anda lagi nggak oke. Lebih baik meninggalkan perusahaan saat prestasi Anda sedang bagus dan saat hubungan Anda dengan semua rekan kerja baik-baik saja. Sehingga Anda akan meninggalkan kenangan yang manis di benak mereka. Lagipula cara ini akan membuat Anda lebih bernilai di tempat baru.

– Pada akhirnya saat Anda mendapat panggilan kerja di suatu perusahan, sebelumnya lakukan riset kecil-kecilan tentang sebuah rencana kerja. Lalu presentasikan rencana itu pada pewawancara. Hal ini membuat Anda lebih oke dari pelamar lainnya.

– Saat Anda diberikan kesempatan bertanya, jangan mengajukan pertanyaan yang kesannya hanya mementingkan keuntungan Anda semata, misalnya “Apa yang bisa perusahaan ini berikan pada saya ?”. Justru sebaliknya, Anda harus menginformasikan apa yang dapat Anda berikan kepada perusahaan.

Meskipun salah satu tujuan Anda pindah kerja adalah untuk mendapatkan ‘reward’ yang lebih baik, tentunya Anda juga harus menjadikan kepindahan Anda ini sebagai ajang meningkatkan karir. Dan jangan lupa, walaupun pada akhirnya Anda mengundurkan diri dari perusahaan sekarang, tetap tunjukkan performa kerja Anda yang baik sampai detik-detik terakhir kepindahan Anda. Semoga sukses…!

source: internet