Tags

, , , ,

Wawancara memang sangat menetukan dalam mencari kerja, dan tidak jarang di tahap ini kita gagal. Mungkin yang harus disiapkan, dalam benak Anda bahwa si pewawancara itu orang yang sangat keras, atau tidak menyenangkan. Untuk itu, saat wawancara Anda harus siap bahkan kalau mungkin bisa menunjukkan penampilan tenang, percaya diri serta mampu menjawab pertanyaan sebaik mungkin denan tenang.

Pewawancara akan memberikan poin khusus bila Anda mampu menjawab setiap pertanyaan dengan tepat, mudah, serta tidak ragu-ragu. Kadang-kadang, dalam wawancara ini seperti sebuah permainan, sehingga Anda juga haru mengetahui aturan serta bagimana memenangkan permainan itu, tapi tetap tidak melanggar aturan. Soalnya hanya gara-gara satu kesalahan saja, mungkin 10 poin yang Anda peroleh itu akan hilang semuanya. Jadi kesiapan memang sangat diperlukan.

Berikut beberapa langlah yang harus Anda lakukan untuk menghadapi situasi wawancara yang sering “mengerikan” itu:

Persiapan

Bila pekerjaan dan kemampuan, apa yang suka Anda lakukan, serta kontribusi apa yang bisa diberikan, rasanya sudah tidak ada lagi alasan tegang serta tidak percaya diri ketika memulai wawancara.

Penilaian wawancara bukan hanya jawaban-jawaban saja, kontak mata dengan si pewawancara juga diperlukan, terutama untuk melihat keseriusan dan kesiapan Anda menghadapi sang pewawancara.

Baju yang Anda kenakan juga menjadi salah satu penilaian. Umumnya, pakaian yang wajar untuk kegiatan wawancara ialah formal, atau sesuai dengan perusahaan yang Anda pilih tergantung aturan perusahaan itu. Namun, menggunakan pakaian formal akan lebih pas, karena rata-rata perusahaan menerapkan kondisi seperti ini.

Ambillah notes atau catatan selama wawancara dan catatlah setiap pertanyaan serta jawaban yang diperlukan. Misalnya ada kata-kata atau nama yang susah disebutkan, mungkin bisa dijelaskan dengan tulisan.

source: internet