Tags

, ,

Anda mungkin sudah terlalu sering membaca kiat sukses untuk menghadapi wawancara kerja. Bahkan mungkin anda menganggap sudah tidak perlu lagi beragam kiat untuk menghadapi wawancara. Tapi pernahkah anda berpikir bahwa usai wawancara pun sebenarnya anda perlu melakukan serangkaian tindak lanjut dari wawancara yang sudah dilakukan. Apa aja sih..? Coba simak tips singkat ini.

Setiap selesai wawancara, sebaiknya evaluasi apa dan bagaimana wawancara yang telah anda jalani. Ingatlah kembali pertanyaan yang sudah diajukan oleh si pewawancara. Kemudian catat dalam buku agenda anda. Tandai pertanyaan-pertanyaan yang sulit anda jawab. Selanjutnya pikirkan jawaban yang paling pas untuk pertanyaan sulit tadi.

Walau terkesan kerajinan tapi upaya ini berguna bagi anda seandainya anda menghadapi wawancara lagi di lain kesempatan. Untuk itu sebaiknya anda menuliskan hal penting yang terlewat anda ungkapkan dalam wawancara yang telah berlangsung.

Lalu bagaimana seandainya usai wawancara anda tidak mendapatkan keputusan? Jika anda tidak memperoleh keputusan dalam waktu lebih dari dua minggu, nggak ada salahnya jika anda menanyakan kepada perusahaan yang bersangkutan lewat telepon. Tanyakan dengan sopan apakah sudah ada keputusan dalam penerimaan. Untuk itu anda harus siap mendengar jawaban yang paling mengecewakan.

Jika posisi yang anda lamar sudah terisi oleh orang lain, jangan kecewa. Anggap saja wawancara yang telah anda lakukan itung-itung latihan untuk kesempatan wawancara berikutnya. Jangan lupa ucapkan terima kasih atas kesempatan wawancara yang telah diberikan pada anda.

Jika memungkinkan, dalam arti orang yang memberi penjelasan pada anda tidak dalam keadaan sibuk, anda bisa meminta masukan tentang bagaimana menjawab pertanyaan yang baik dalam wawancara. Setelah itu persiapkan mental anda untuk kesempatan wawancara yang akan datang.

Ingat, jangan menyerah setiap kali anda menerima kegagalan. Jadikan kegagalan anda kemarin sebagai cambuk untuk menuju sukses di hari esok. Emang sih ungkapan tersebut terdengar klise banget. Tapi kalau anda mau menghayatinya anda akan menemukan kebenarannya. Percaya deh!

source: internet