Tags

, ,

Surat lamaran, merupakan jalan awal dalam usaha kita mencari kerja. Makanya, saat menulis surta lamaran, pastikan selalu mencantumkan semua yang terbaik tentang diri Anda, dan ingat harus tetap jujur.

Menulis surat lamaran pekerjaan, masih boleh menggunakan tulisan tangan. Namun ada beberapa perusahaan yang mewajibkan surat lamaran dengan menggunakan ketikan komputer. Maksudnya tentu agar mudah terbaca, terlebih lagi banyak hal-hal penting yang harus anda cantumkan.

Sebelum anda menulis, pastikan bahwa perusahaan tujuan sudah benar-benar sesuai dengan keinginan Anda. Jangan sampai ketika surat sudah terkirim dan akhirnya diterima, Anda malah membatalkannya. Selainitu, buatlah konsep konsep lebih dulu, sehingga ketika menulisnya tidak ada lagi kesalahan.

Pertama-tama sampaikan kalimat pembuka, seperti darimana memperoleh informasi pekerjaan, dan jangan menulis terlalu bertele-tele. Setelah kalimat pembuka, bisa langsung ke tujuan, yakni mengajukan permohonan kerja sesuai posisi yang Anda inginkan. Setelah itu jelaskan kemampuan Anda, dan cantumkan empat sampai enam kualifikasi terbaik yang Anda miliki.

Kualifikasi tersebut diantaranya adalah: Pengalaman kerja lengkap dengan nama dan lokasi perusahaan beserta tahun kerja; Keahlian dan Ketrampilan; Pendidikan terakhir; dan Kepribadian Anda.

Poin kepribadian bisa saja merupakan hal yang begitu penting. Karena mempengaruhi dipanggil atau tidaknya Anda. Dalam hal ini, Anda harus bertanggung jawab terhadap apa yang telah disampaikan lewat surat, jika ternyata diterima bekerja. Jangan sampai terjadi, Anda menyatakan kepribadian disiplin dan rajin, tetapi kenyataannya malah malas dan tidak disiplin.

Sedangkan untuk pengalaman kerja, bisa jadi menentukan gaji yang diinginkan. Untuk lebih lengkapnya, cantumkan kembali dalam Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup). Dalam CV ini dicantumkan lebih detail, seperti nama, tempat tanggal lahir, status, kebangsaan, agama, alamat, riwayat pendidikan, dan lain-lain.

Buatlah surat dengan gaya yang cerdas dan usahakan surat lamaran Anda sangat layak mendapat perhatian. Ada baiknya jelaskan prestasi apa saja yang telah diperoleh, khususnya dalam hal pekerjaan. Jadi tunjukkan kalu Anda memang berkualitas!

Berikut ini merupakan hal lain yang cukup efektif dikemukakan dalam surat lamaran:
* promosi diri
* organisasi yang pernah anda ikuti
* seminar yang pernah anda ikuti
* lisensi dan sertifikat yang telah anda peroleh
* prestasi akademik
* keanggotaan profesi

Setelah selesai menulis surat, jangan lupa untuk memeriksanya sekali lagi. Jika ada kesalahan, anda dapat segera mengoreksinya. Setelah yakin tidak ada kesalahan dan tidak ada data-data yang tertinggal, bisa langsung dikirim.

Tuliskan nama dan alamat perusahaan dengan lengkap dan jelas, begitu juga nama dan alamat Anda. Jangan lupa anda cantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi. Jangan mengirim surat di luar batas waktu yang ditentukan. Demi keamanan, sebaiknya mengirim seminggu sebelum batas terakhir penutupan.

Setelah mengirim surat lamaran, tidak ada salahnya mempersiapkan diri untuk panggilan pertama. Walaupun ternyata tidak ada panggilan, setidaknya Anda akan merasakan manfaat dari persiapan yang telah dilakukan itu.

source: internet