Tags

, , ,

Tapi menarik perhatian bos itu nggak gampang loh! Kalau Anda nggak tau strateginya, bisa-bisa Anda dicap ‘carmuk’ alias cari muka. Lebih parah lagi Anda bisa dicap sebagai ‘penjilat’ bos. Nah Anda pasti nggak mau dong mendapat cap yang negatif hanya gara-gara berusaha mendapatkan perhatian bos?

Biar aman, ikuti trik mencuri perhatian bos di bawah ini:

* Curi perhatian atasan secara nggak langsung
Umumnya, orang yang memiliki otoritas nggak suka disanjung apalagi secara berlebihan. Mereka akan cepat tahu, jika Anda menyanjungnya berarti Anda sedang berusaha untuk menarik perhatiannya. So, Anda harus tahu kiatnya. Caranya, hindari menjadi ‘yes person’ setiap kali bos berbicara. Sebelum memberi komentar, sebaiknya Anda pikirkan dan pelajari ucapan bos. Kemudian berikan komentar yang paling objektif atas ucapan bos. Kalau perlu, lontarkan ‘kritik’ yang kondusif bagi bos.

* Pahami hirarki perusahaan
Untuk menarik perhatian bos, Anda harus mengetahui hirarki perusahaan. Anda nggak bisa begitu saja berdiskusi dengan bos dan bebas keluar masuk ruangannya. Anda harus menembus hirarki yang berlaku di perusahaan. Misalnya untuk berhubungan secara khusus dengan bos, Anda harus konfirmasi melalui sekretarisya. Karena itu Anda pun harus menjalin hubungan baik dengan sekretaris bos.

* Datang lebih dulu dari bos
Etikanya, sebagai anak buah Anda harus datang lebih awal daripada bos. Karena memang terlihat nggak enak, kalau Anda datang belakangan, sementara bos sudah sibuk dengan pekerjaannya. Masalah ‘kedatangan’ ini, juga mempengaruhi penilaian bos atas diri Anda.

* Ringankan beban atasan
Kalau Anda tahu bahwa bos sedang begitu banyak urusan dan pekerjaan, tak ada salahnya jika Anda menawarkan bantuan. Misalnya saat Anda beranjak pulang, bos masih berkutat dengan pekerjaannya, katakan, “Apakah saya perlu pulang belakangan untuk membantu pekerjaan Anda?”. Dan jika bos tidak memerlukan bantuan Anda, jangan mengada-ada dengan membantunya ini itu.

* Ketahui saat-saat khusus bos
Berikan ucapan selamat pada ulang tahun bos, kenaikan pangkat, atau kelahiran putranya. Walau sepele, ucapan selamat semacam ini akan membuat bos merasa dihargai dan diperhatikan. Kadang, perhatian kecil semacam ini membuat bos terkesan dan teringat pada Anda.

Jika Anda telah berhasil mencuri perhatian bos, Anda harus mempertahankan perhatiannya dengan menunjukkan kualitas kerja dan performa Anda. Jangan sekalipun memanfaatkan perhatian bos untuk menembus ‘jalan pintas’ menuju kesuksesan. Jika Anda mampu bersikap dan bertindak secara wajar dengan tetap menunjukkan dedikasi dan loyalitas, rasanya kesuksesan bukan hal yang mustahil bagi Anda.

source: internet