Tags

, , ,

Persaingan di dunia kerja semakin hari semakin menggila. Tak tentu arah, bisa-bisa Anda tersesat dalam kerumunan massa. Pada saat itulah Anda dituntut tampil berbeda dengan lainnya. Tunjukkan keistimewaan Anda sehingga orang lain tak dapat melepaskannya. Ini yang disebut para profesional sebagai menciptakan merek sendiri.

Tujuannya adalah menonjolkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki yang membuat Anda berbeda dengan lainnya. Bagaimana orang lain memandang diri Anda sebagai sesuatu yang menarik, ikuti beberapa saran berikut:

Mengetahui tujuan hidup Anda.
Dengan mengetahuinya, Anda bisa menyusun langkah satu persatu. Ini yang disebut sebagai mission statement.

Tegaskan keunikan yang Anda miliki.
Caranya, tulis kata sifat yang benar-benar Anda kuasai. Apa yang orang lain ingat akan diri Anda. dari sini Anda akan mendapatkan brand value atau sifat-sifat yang membuat Anda menarik.

Apa strategi yang Anda punyai.
Setelah mengetahui tujuan hidup Anda, tentu Anda memiliki rencana untuk mewujudkannya menjadi sebuah tindakan nyata. Misalnya Anda ingin menjadi seorang penulis, brand value Anda adalah ramah, kreatif dan persuasif. Wujudkan dalam tindakan, misalnya Anda coba membuat tulisan menarik dan mencari kenalan yang bisa menghubungkan Anda dengan seorang penerbit atau yang terkait, lakukan pendekatan.

Terima kenyataan
Penampilan ikut menentukan sejauh mana Anda bisa melangkah. Jadi, tujuannya adalah tampil unggul diantara kalangan lain, misalnya tampil berbeda diantara teman sekantor.

Hidupkan merek Anda.
Kini saatnya menyiarkan brand value Anda secara halus kepada semua orang. Mulai dari bawahan, rekan sekerja sampai kepada atasan. Apa jenis pesan yang ingin Anda sampaikan? Apapun pilihan Anda artinya Anda telah menentukan brand Anda sendiri dan tak ada istilah benar atau salah. Yang pasti Anda telah bersikap tegas untuk diri sendiri.

Dengan kata lain, Anda telah menciptakan diri Anda sebagai seorang yang memiliki rasa percaya diri di tengah persaingan kerja dan persaingan pasar. Anda tak perlu mengikuti orang lain tetapi sebaliknya, Anda menjadi contoh bagi lainnya.