Tags

, ,

Dalam bekerja, ada satu hal yang paling diharapkan oleh para karyawan. Apakah itu? Jawabannya cuma satu yaitu ‘penghargaan’. Yang dimaksud penghargaan disini adalah sesuatu yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan atas kinerjanya selama ini. Dengan penghargaan, karyawan merasa diakui keberadaannya. Sehingga karyawan lebih termotivasi untuk berkarya.

Bagaimana sih bentuk penghargaan itu? Ada berbagai cara untuk membuat para karyawan atau pekerja merasa dihargai secara wajar. Tetapi tidak ada satu carapun yang bisa dianggap remeh. Coba simak hal-hal yang termasuk sebuah penghargaan menurut Buck Rodgers dalam bukunya Getting The Best Out of Yourself berikut ini:

Promosi
Ada aspek motivasi yang lebih berpengaruh daripada sejumlah uang dalam bentuk gaji yaitu promosi jabatan. Ngaku aja deh, perasaan anda pasti berbunga-bunga kan kalau dipromosikan naik jabatan? Walau mungkin naik jabatan belum tentu naik gaji, tetapi tetep aja promosi itu menambah motivasi dan semangat dalam bekerja. Buktinya di bidang militer, selisih gaji seorang prajurit dengan gaji sersan sangat tipis tetapi orang lebih bangga sebagai sersan daripada prajurit. Karena pangkat atau jabatan seringkali diartikan sebagai imbalan atau penghargaan apresiatif terhadap karyawan. Karena selain soal materi, kenaikan jabatan seringkali mengandung pengertian dengan bertambahnya tanggung jawab, wewenang, sekaligus kekuasaan. Dan sudah pasti hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang bisa dibuktikan kepada rekan-rekan, keluarga, dan sahabat.

Pujian
Percaya deh, walaupun terkesan basi tetapi pujian bisa menyuntikkan semangat dan motivasi untuk bekerja. Karena pujian juga merupakan salah satu bentuk pengakuan terhadap apa yang sudah karyawan lakukan. So, jika anda seorang bos, pujilah hasil kerja anak buah anda. Toh kalau memang hasil kerja mereka bagus, nggak ada ruginya memuji hasil kerjanya.

Simbol-simbol status
Simbol-simbol yang menyiratkan status atau kedudukan seorang karyawan juga merupakan satu hal yang membanggakan karyawan. Misalnya masalah ruangan. Pindah meja dari ruangan terbuka ke sebuah ruangan tertutup dengan pintu sendiri merupakan simbol dari kedudukan atau jabatan. Begitu juga dengan fasilitas lain seperti mobil dinas. Semua ini merupakan simbol dari apresiasi perusahaan sekaligus faktor motivasi karyawan.

Uang
Tidak bisa tidak, uang merupakan satu bentuk penghargaan dari perusahaan yang paling ditunggu-tunggu oleh karyawan. Baik itu dalam bentuk gaji, bonus, insentif, THR, dan lain-lain. Makanya jangan heran kalau berita kenaikan gaji atau pembagian bonus akhir tahun akan disambut dengan penuh sukacita oleh karyawan. Umumnya ini merupakan motivasi utama dari karyawan. Bagaimana karyawan merasa dihargai jika ia sudah bekerja keras mati-matian tetapi gajinya cuma cukup buat seminggu?

Nah, bagaimana dengan anda sendiri? Apakah anda telah mendapatkan penghargaan tersebut? Tetapi tentu saja penghargaan merupakan kompensasi atas apa yang telah anda kerjakan. Nggak mungkin juga kan anda mendapat penghargaan ini itu sementara anda hanya ongkang-ongkang kaki di kantor? So, bekerjalah sebaik mungkin. Toh pimpinan dan pihak manajemen tidak akan menutup mata terhadap kontribusi karyawannya!

 

source: internet