Tags

, , ,

Sebagai seorang profesional, presentasi merupakan bagian dari pekerjaan anda. Tetapi masalahnya, apakah selama ini presentasi anda sudah cukup bagus? Apakah presentasi anda mengena di telinga peserta? Coba perhatikan apakah peserta terlihat terkantuk-kantuk dan tidak antusias mendengarkan presentasi anda? Kalau ya, berarti presentasi anda sama sekali tidak menarik. Sehingga mereka merasa jenuh dan tidak bersemangat mendengarnya.

Nah, agar presentasi anda menarik dan tidak menjemukan, anda perlu memperhatikan beberapa faktor berikut ini:

Singkat dan jelas
Presentasi yang terlalu lama, panjang, dan bertele-tele membuat peserta jenuh mendengarnya. Usahakan agar waktu yang dipergunakan cukup singkat, yaitu sekitar 25 menit. Hindari kalimat-kalimat yang tidak efektif dan ucapkan data yang terdiri dari angka-angka secara lebih jelas.

Berlatih
Bacalah bahan presentasi sampai anda yakin bahwa anda sudah menguasainya. Perhatikan kata-kata yang agak sulit kemudian ucapkan dengan benar. Hal ini akan membantu kelancaran anda dalam presentasi di depan orang banyak. Kalau perlu sewaktu latihan ajaklah seseorang untuk mendengarkan presentasi anda dan mintalah masukan darinya.

Gunakan gambar
Gunakan gambar-gambar atau photo untuk memperjelas presentasi anda. Dengan gambar, presentasi anda akan lebih mudah dicerna. Tetapi jangan lupa jelaskan kembali dengan kata-kata gambar tersebut.

Lakukan eye contact
Jangan lupa, saat presentasi lakukan kontak mata dengan peserta presentasi. Sambil berbicara sesekali lemparkan pandangan anda ke arah peserta meliputi sisi kanan, tengah, dan kiri. Dengan demikian, anda akan mengetahui apakah peserta tertarik mendengarkan atau tidak.

Selipkan humor
Selipkan beberapa humor yang relevan dengan topik presentasi anda. Hal ini akan membantu menyegarkan suasana. Lagipula humor juga akan membunuh rasa jenuh dan bosan peserta. Asal jangan keblablasan, karena humor yang berlebihan juga akan membuat presentasi anda kehilangan maknanya.

Di akhir presentasi, edarkan ringkasan presentasi anda kepada masing-masing peserta. Maksudnya agar peserta kembali mempelajari presentasi anda. Semoga presentasi anda sukses!

source: internet