Tags

, ,

Sebagai pekerja kreatif, anda tentu harus memiliki banyak ide dan gagasan untuk menunjang kelancaran tugas-tugas anda. Tentu saja perkara menyampaikan gagasan bukan lagi perkara sulit bagi anda. Yang sulit adalah bagaimana agar gagasan anda bisa diterima alias tidak ditolak. Apa yang harus anda lakukan agar gagasan anda tidak ditolak? Untuk memperkecil kemungkinan penolakan gagasan, coba simak kiat di bawah ini:

– Gagasan sebaiknya bersifat untuk kepentingan organisasi, bukan untuk kepentingan pribadi atau sekelompok orang di kantor anda. Pikirkan berbagai aspek dan dampaknya. Jangan sampai orang lain beranggapan bahwa anda menyampaikan ide sebagai upaya untuk menjilat atasan atau sekedar carmuk (cari muka).

– Sebelum mengungkapkan gagasan, anda perlu melakukan banyak komunikasi dan pendekatan baik kepada atasan atau rekan-rekan. Komunikasi dengan rekan maksudnya untuk menghindari pembajakan gagasan anda. Gunakan pendekatan pribadi dan informal, terutama dengan atasan. Misalnya dalam suasana yang santai. Sampaikan dengan cara yang sopan.

– Sebelum menyampaikan gagasan, katakan pada bos bahwa anda memiliki satu gagasan. Kemudian tanyakan apakah saat itu bos mau mendengarkan gagasan anda. Jika kelihatannya bos dalam keadaan tidak mood lebih baik pending saja dulu gagasan anda.

– Gunakan data yang lengkap, obyektif, dan up to date. Susunlah data-data tersebut dengan rapih dan sistematis. Kalau perlu gunakan data pembanding dari organisasi lain. Maksudnya tentu saja agar bos tidak meragukan keorisinilan gagasan anda.

– Anda harus siap jika kemungkinan gagasan anda diakui oleh atasan anda sebagai gagasannya. Jangan bersikap emosionil. Jika anda ingin komplain, lakukan secara baik-baik. Katakan, bahwa anda cukup kompromis dengan pengakuan gagasan itu. Asalkan ada kesepakatan antara anda dan bos. Bisa saja bos mengatakan bahwa itu gagasannya tetapi terinsipirasi oleh usulan anda. Bisa jadi, setelah kejadian ini, besok-besok gagasan anda akan lebih mudah diterima. Tentu saja bila gagasan anda cukup menarik.

Jadi, dalam organisasi keberhasilan mengajukan gagasan baru juga terletak pada cara anda melakukan pendekatan dan komunikasi, baik kepada bos dan juga rekan-rekan. Setiap kali anda punya gagasan anyar, jangan ragu untuk menyampaikannya. Nah biar nggak ditolak manfaatkan aja kiat tadi. Tapi kalau masih ditolak juga ya jangan pesimis dulu. Cari lagi gagasan yang lebih cemerlang.

source: internet