Tags

, ,

Tergantung pada berita yang Anda dengar, hal itu mungkin tampak sepertinya ekonomi saat ini masih akan menurun, atau mungkin bagian bawah akhirnya telah tercapai. Tapi bagaimanapun, tidak ada keraguan bahwa banyak organisasi akan gagal sebelum benar-benar bergerak terus maju lagi, atau terhenti sama sekali.

Namun, sementara banyak organisasi masih terus berjuang, masih ada juga kisah sukses besar di luar sana. Beberapa kisah sukses yang terbesar dalam bisnis berasal dari kelompok yang para pemimpinnya melihat peluang dimana orang lain melihatnya sebagai penghalang jalan. Tidaklah mengherankan bahwa tim mereka biasanya lebih positif dan lebih produktif daripada pesaing mereka.

Berikut adalah 10 taktik yang sudah dikumpulkan dari beberapa program terbaik yang pernah dijalankan. Lihat jika ada di antaranya yang dapat membantu Anda meningkatkan tingkat keberhasilan dan peluang ANDA untuk sukses sebagai pemimpin TI.

No.1: Menjadi tipe boss dengan gambaran yang kecil

Sangatlah penting bahwa Anda membantu setiap orang memahami tujuan dan sasaran keseluruhan organisasi. Tapi jangan lupa bahwa pemimpin terbaik juga membantu menerjemahkan tujuan-tujuan tersebut ke rincian terkecil pekerjaan tiap individu dan membantu karyawan mereka membuat hubungan diantara tujuan-tujuan tsb. Belajarlah untuk membantu setiap orang – di setiap tingkatan – mengerti bagaimana-nya kontribusi tertentu dapat membuat seluruh organisasi lebih berhasil.

No.2: Mengembangkan memori Anda

Pikirkan kembali untuk pertama kalinya pemimpin yang sangat dihormati ingat nama Anda. Rasanya cukup bagus, kan? Sepertinya Anda benar-benar dianggap berharga. Pemimpin terbaik mengingat nama, peran kerja, hobi, nama-nama pasangan, dan banyak lagi. Menakjubkan untuk melihat mereka pergi melalui serangkaian pertemuan dan melihat betapa baik kenangan mereka terhadap Anda. Dan itu terbayar – orang bekerja lebih keras bagi para pemimpin yang cukup peduli untuk mengingat hal-hal pribadi tentang mereka.

No.3: Melacak bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda

Pemimpin terbaik dan para manajer menghabiskan waktu mereka di mana hadiah terbesar kemungkinan akan datang. Namun, dibalik niat terbaik mereka, banyak pemimpin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menangani keributan atau menangani masalah orang yang bermasalah. Untuk melihat bagaimana Anda menghadapinya, secara teratur ambillah kalender Anda dan tinjau seberapa banyak waktu yang Anda habiskan bersama siapa dan pada apa. Jika Anda melihat pola dalam perilaku Anda – seperti menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berurusan dengan orang cengeng yang selalu memiliki masalah dalam departemen bukan dengan orang positif yang selalu memberikan yang terbaik pada komitmen, Anda mungkin ingin membuat beberapa perubahan pada manajemen waktu Anda.

No.4: Berhenti memperlakukan liburan sebagai suatu pilihan

Seperti halnya sebuah lencana kehormatan, banyak manajer sering merasa betapa sedikit waktu libur yang mereka ambil dalam setiap tahunnya. Di sisi lain, orang lain menjadi sangat kreatif dengan perencanaan liburan mereka. Mereka menanti saat liburan untuk menjernihkan dan me-RECHARGE pikiran mereka. Orang-orang  ini mengatakan bahwa istirahat mereka membuat mereka lebih efektif dan kreatif.

No.5: Jangan lakukan/memberi tugas setengah-setengah

Apakah Anda mendengarkan 100 persen dalam sekali waktu atau secara mental biasanya Anda terlibat dalam beberapa hal sekaligus? Pemimpin yang efektif tahu bahwa TAK SEORANGPUN dapat melakukan banyak tugas secara efektif dalam jangka panjang. Mereka telah menemukan cara untuk fokus dengan presisi seperti laser. Anggota tim mereka belajar bahwa bos mereka benar-benar di atas segala hal dan tidak dapat digertak. Hal ini membuat tim lebih baik dalam hal menjadi jelas dan tepat saat berkomunikasi kepada Anda. Dan itu menghemat waktu dan energi untuk semua orang.

No.6: Matikan Blackberry ketika Anda di rumah

Banyak eksekutif merasa organisasi akan berantakan tanpa mereka. Mereka menganggap itu suatu keharusan untuk selalu tersedia buat meninggalkan pesan dan “memperbaiki” hal. Tapi, banyak pemimpin yang sangat sukses menjauhkan voicemail dan email mereka setelah jam kerja hingga seminimal mungkin. Mereka dapat melakukan hal itu karena mereka memiliki tim yang hebat di tempatnya dan mereka percaya pada orang-orang yang bekerja untuk mereka. Dan, intinya adalah bahwa waktu Anda saat JAUH dari pekerjaan adalah penting bagi mental agar tetap tajam, kreatif, dan termotivasi.

No.7: Memperbaiki persiapan untuk merekrut pemain baru

Sebagian besar organisasi melakukan wawancara benar-benar buruk. Banyak yang mewawancarai calon karyawan baru yang potensial mengaku tidak mempersiapkan diri dengan baik. Mereka mengatakan mereka mendapati orang lain dalam proses melakukan yang lebih baik. Sekarang, lebih dari sebelumnya, penting bahwa siapa pun bergabung dengan organisasi Anda diperiksa dengan baik dan paling cocok untuk pembukaan. Studi HR menunjukkan bahwa 60% dari karyawan baru gagal dalam 12 bulan pertama.

No.8: Latihan tubuh Anda serta pikiran Anda

Yang menjadwalkan secara rutin olahraga tubuh adalah ciri khas bos yang terbaik. Tubuh perlu dilatih dan dipelihara sehingga Anda dapat berfungsi pada kinerja puncak. Yoga, misalnya membantu melepaskan stres. Secara emosional itu bagus juga, tentu saja, tetapi juga membantu postur seseorang karena kita memiliki kecenderungan untuk menahan stres di bagian depan tubuh kita. Sehingga hal ini membantu kita untuk berjalan dan duduk lebih tinggi; napas lebih baik, dan memiliki lebih banyak energi untuk menghadapi tuntutan pekerjaan. Dan ingatlah ini: Jika Anda memilih antara dua kandidat untuk suatu promosi, yang akan Anda memilih orang yang tampak sehat dan waspada atau orang yang tampak letih dan lesu?

No.9: Mempelajari kata-kata ini: “Saya membuat kesalahan”

Dan kemudian mengatakannya bila diperlukan. Bila Anda cukup percaya diri untuk mengakui  kesalahan Anda, itu sinyal yang bagus kepada anggota tim yang menyatakan bahwa Anda jujur dan bahwa Anda mengerti akan hal tsb. Hal ini mendorong mereka untuk menjadi sama dalam menghargai kejujuran, mengurangi kecurangan yang begitu umum terjadi di banyak organisasi. Hal ini juga memperkecil kemungkinan Anda menemukan  salah satu kejutan yang menyebabkan orang untuk mencari obat sakit kepala.

No.10:Rayakan kesuksesan

Rengekan tidak menciptakan perubahan. Mengelola dengan memarahi adalah kontraproduktif. Bahkan dalam downtime, Anda dapat menemukan sesuatu yang berjalan baik dan menyebutkan hal itu selama pertemuan atau dalam email. Ketika Anda merayakan kemenangan kecil, Anda mendorong lebih banyak perilaku yang sama dari orang lain. Dan tak lama kemudian, Anda akan memiliki hal-hal yang lebih besar untuk dirayakan.

Ini hanya sedikit dari cara para pemimpin TI untuk dapat membangun organisasi yang lebih sukses dimasa yang akan datang.

sumber: techrepublic dgn narasumber John M. McKee

John M. McKee is the founder and CEO of BusinessSuccessCoach.net, an international consulting and coaching practice with subscribers in 43 countries. One of the founding senior executives of DIRECTV, his hands-on experience includes leading billion dollar organizations and launching start-ups in both the U.S. and Canada. The author of two published books, he is frequently seen providing advice on TV, in magazines, and newspapers.