Tags

,

Ada kalanya sesudah kita login ke windows, kita harus mengklak-klik sana-sini beberapa kali untuk membuka atau menjalankan program-program yang rutin kita pakai sehari-hari. Hal ini kadang cukup merepotkan apalagi jika program yg ingin dijalankan merupakan aplikasi portable atau aplikasi online (web-based). Salah satu cara cepat untuk menghemat waktu dalam hal ini bisa dengan membuat sebuah batch-file. Yup, batch-file yang dengan cukup satu kali klik saja sudah bisa menjalankan beberapa program yang ingin kita buka secara bersamaan.

Untuk membuat atau mengedit batch-file kita bisa menggunakan text-editor notepad (atau text-editor yang lain). Berikut contoh isi sebuah batch-file untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan :

@echo off
start "title" "http://www.gmail.com"
start "title" "http://mail.yahoo.com"
start "title" "explorer.exe"
start "title" "explorer.exe"
start "title" "explorer.exe"
start "title" "Outlook.exe"
start "title" "c:\portableapps\KeePassPortable\KeePassPortable.exe"
start "title" "C:\portableapps\BixBookmark\bixbm.exe"
start "title" "C:\FirefoxPortable\FirefoxPortable.exe"
start "title" "C:\portableapps\PidginPortable\PidginPortable.exe"
start "title" "E:\Mowes\Mowes.exe"

Penjelasan isi batch-file diatas:
– @echo off : berfungsi untuk menyembunyikan isi atau baris-baris perintah didalam batch-file agar tidak tampil dilayar pada saat batch-file dijalankan.
– start “title” “{nama_program_yang_akan_dibuka}”: berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi yang diinginkan.
– selain @echo off dan start masih banyak lagi jenis perintah batch-file yang bisa anda gunakan. Referensinya bisa anda temukan disini.
Jika batch-file yang dibuat sudah selesai di edit, simpan file tersebut dengan file berakhiran .bat misalnya rutin.bat. Lokasi penyimpanan file bisa dimana saja, namun untuk mudahnya lebih baik batch-file di letakkan di desktop untuk mempermudah dalam menjalankannya.

Yang perlu diingat adalah hal ini tidak direkomendasi untuk di lakukan pada pc/notebook tipe lama atau low-spec dimana kapasitas prosessor, harddisk dan memory rendah. Sebab dengan menjalankan beberapa program dalam satu waktu mungkin bisa membuat pc/notebook anda hang jika resource memory atau prosessor atau harddisk yang anda miliki tidak mencukupi. So, selamat mencoba.