Tags

, ,

Memberi motivasi pada orang lain bukanlah perkara mudah. Karena motivasi berkaitan dengan semangat dan kemauan atau dorongan dari dalam diri seseorang untuk mencapai sesuatu yang diharapkan. Karena itu motivasi pada diri setiap orang sangat individual sifatnya.

Tapi jika posisi anda adalah bos atau atasan, mau nggak mau anda harus bisa memotivasi anak buah. Karena berhasil atau tidaknya anda memimpin, seringkali diukur dari keberhasilan anda memotivasi mereka. Tentu saja lebih lanjut motivasi yang anda berikan, berpengaruh bagi kemajuan perusahaan. Nah bagi anda para atasan, simak kiat memotivasi anak buah dari Saul Gellerman dalam bukunya, Motivating Superior Performance berikut ini:

- Berikan keterangan yang mereka perlukan untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Ingat, komunikasi yang terbuka mempengaruhi kelancaran anak buah untuk menyelesaikan pekerjaan.

- Berikan kesempatan pada mereka untuk mengungkapkan umpan balik secara teratur atas tugas yang anda berikan. Umpan balik merupakan hal penting untuk menambah kotak saran kemajuan anda. Jangan lupa libatkan mereka dalam keputusan penting.

- Buat saluran komunikasi yang mudah digunakan untuk menampung semua aspirasi dan pendapat anak buah. Biasakan membuka email-email dari anak buah dan simak apa yang disampaikannya. Kemudian beri respon atas isi pesannya.

- Pelajari apa saja yang diinginkan setiap karyawan terhadap pekerjaan yang dijalaninya. Kemudian ciptakan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

- Berikan ucapan selamat secara pribadi kepada karyawan yang berhasil mengerjakan tugas dengan baik. Ini merupakan cara yang paling efektif untuk memotivasi karyawan. Pujian dan selamat yang anda lontarkan pada karyawan dapat melecut semangatnya untuk berprestasi lebih baik lagi.

- Berikan fasilitas kerja yang baik bagi setiap karyawan. Karena fasilitas kerja sangat menunjang kelancaran kerja anak buah anda. Pastikan pekerjaan mereka tidak terhambat karena perangkat kerja yang sebentar-sebentar rusak.

- Gajilah karyawan secara bersaing berdasarkan apa yang mereka kerjakan. Jika karyawan diberikan ‘kompensasi’ yang tepat, mereka tidak terlalu peduli lagi dengan slip gaji mereka. Dan sebaliknya mereka justru bekerja dengan lebih baik lagi, karena jumlah yang diterima cukup berarti bagi mereka.

- Tetapkan suatu kebijakan promosi secara komprehensif. Kebijakan-kebijakan tersebut harus mencakup keamanan pekerjaan dengan menegaskan komitmen perusahaan jangka panjang. Beberapa pernyataan menunjukkan bahwa karyawan menuntut komitmen perusahaan yang tinggi atas keamanan kerja.

- Ciptakan iklim bermasyarakat yang positif di lingkungan kantor. Sehingga karyawan tidak merasa asing dan merasa betah di dalamnya. Hal ini mempengaruhi kelancaran kinerja karyawan dan semangat karyawan untuk berkarya.

Ingat, motivasi yang anda berikan pada anak buah membuat mereka lebih diakui dan dihargai keberadaannya. So, bagi anda yang selama ini tidak terlalu peduli pada anak buah, nggak ada salahnya mencoba kiat tadi.

source: internet

About these ads